Kamis, 16 Juni 2011

Heboh, Rumah Ketua RT di Bogor Ditumbuhi Bunga Bangkai

BOGOR, M86 - Setangkai kembang menyerupai bunga bangkai tumbuh mekar di halaman rumah Ketua RT di Kelurahan Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Saya belum tahu apa ini bunga bangkai dan banyak orang bilang benar karena mengeluarkan bau busuk serta dikerubungi lalat hijau," kata Siti Romlah pemilik bunga itu, Rabu (16/6/2011).

Romlah mengatakan, bunga tersebut mekar Senin (13/6/2011) lalu, saat mekar bunga tersebut mengeluarkan aroma bangkai yang membuat warga sekitar keheranan.

Bunga tersebut memiliki warna coklat kemerahan, dengan tinggi sekitar 0,5 meter dengan lebar kelopak sekitar 30 centimeter dan memiliki mahkota berukuran besar dengan ketinggian dari kelopak sekitar 20 centimeter.

"Malam saat bunga mekar, kami sekeluarga heran ada bau bangkai yang menyeruak ke dalam rumah. Awalnya kita mengira ada tikus mati, tapi setelah dicari-cari sumbernya berasal dari perkarangan samping," kata Romlah yang istri seorang RT.

Romlah menuturkan, awalnya asal bau bangkai diketahui oleh menantunya yang curiga ada ikan mati di kolam samping perkarangan rumahnya.

Setelah dilakukan pengecekan pagi harinya, tiba-tiba sebuah bungan berukuran besar terlihat mekar persis disamping kolam ikan yang terletak di perkarangan samping rumah Romlah.

Romlah mengetahui bungan tersebut adalah bunga bangkai saat suaminya, Kasmun (51) yang menjabat sebagai ketua RT 07 di kampung setempat melihat ada lalat hijau di sekitar bunga.

"Suami saya bilang ini bunga bangkai, karena dari ciri-ciri dan aroma bangkai yang dikeluarkannya. Tapi saya tidak percaya, karena bentuknya berbeda," kata Romlah.

Romlah menceritakan awal mekar bunga tersebut diketahui sejak Kamis (16/6), bunga baru berbentuk kuncup. Kuncup tersebut lama kelamaan mulai melebar, hingga mekar Senin (13/6).

Sejak bunga tersebut mekar, rumah Romlah langsung menjadi pusat perhatian. Sejumlah penduduk dan masyarakat diluar kampung datang berbondong-bondong melihat bunga yang mekar di samping rumahnya.(red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...